Agar Motivasi Menulis Terjaga

Oleh: Jonru (Pemilik http://www.penulislepas.com)

“No one can guarantee your success, except yourself.” (Anonim)

Anda mungkin punya bakat menulis yang luar biasa. Anda juga punya cita-cita

untuk menjadi seorang penulis ternama seperti John Grisham, Stephen King, Helvy Tiana

Rosa atau Seno Gumira Ajidarma. Itu adalah keinginan yang sangat baik. Tapi tanpa adanya motivasi, Anda hanya seperti sebuah mobil tanpa bensin. Sebagus apapun mesin dan bodinya, ia tak akan bisa melaju di tengah jalan raya yang ramai.

Memang, motivasi merupakan bensin di dalam aktivitas apapun. Motivasi adalah provokator sejati, yang menyebabkan seseorang mau melakukan apa saja untuk meraih impiannya, dan tak mau ambil pusing dengan kendala sebesar apapun. Motivasi yang sangat kuat cenderung mempermudah jalan seseorang menuju pintu sukses.

Di dunia ini, kita bisa menemukan begitu banyak penulis yang sangat berbakat, mungkin jauh lebih berbakat dari Kahlil Gibran. Tapi masalah utama mereka adalah pada motivasi. Hasilnya, mereka gugur di perjalanan hanya gara-gara redaktur sebuah media menolak satu naskah mereka. Atau, seperti teman saya berisial S, yang selalu menggunakan alasan kesibukan mengurus kuliah. Tragisnya, dia suka bernostalgia seperti ini, “Saya sudah malas menulis, padahal dulu saya sering menulis naskah drama untuk TVRI di daerah saya, lho.”

Memang, merupakan hak asasi si S untuk memilih tidak terjun ke dunia penulisan. Tapi ia menyia-nyiakan sebuah kesempatan yang sangat sangat sangat berharga. Kalau ia mau, yang dibutuhkannya hanya sebuah motivasi yang terus ia gosok hingga mengkilat dan selalu panas membara.

Memang lagi, begitu banyak kendala yang menghadang begitu seseorang memutuskan untuk mewujudkan sebuah ambisi. Tapi jika motivasi sudah melekat kuat di dada, kendala sebesar apapun tak akan ada artinya. Dan saya percaya, kendala terbesar justru datang dari diri kita sendiri. Karena itu, kita sendirilah yang paling tepat untuk mengatasinya.

Ada begitu banyak kendala yang mungkin menghalang perjalanan seorang penulis menuju pintu sukses. Karena tulisan ini mengenai motivasi, saya hanya akan menyebutkan kendala-kendala yang berhubungan dengan si provokator tersebut.

Kendala-kendala ini tak ubahnya penyakit yang amat mematikan. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri darinya adalah mengobatinya. Maka, di bawah ini saya akan memaparkan penyakit-penyakit tersebut, yakni yang berasal dari diri kita sendiri (populer dengan istilah kendala internal), disertai semacam kiat untuk mengobatinya.

 

Penyakit internal bagi penulis pemula

Ada lima penyakit internal yang paling sering menjangkiti penulis pemula, yakni:

1. Takut ditolak

Dengan kata lain, takut gagal.

“Bagaimana kalau naskah saya ditolak oleh harian Kompas? Saya tak mau

kecewa. Saya ingin naskah saya dimuat secepat mungkin. Pokoknya jangan sampai

ditolak, deh!”

Jika Anda berpikir seperti itu, maka sebaiknya Anda tak pernah lagi bermimpi apapun. Sudah menjadi kodrat alam bahwa segala jenis perjuangan manusia pasti punya

dua resiko yang nyata: berhasil atau gagal. Dan kita harus siap menghadapi keduanya. Tragisnya, begitu banyak orang yang siap untuk berhasil, tapi hanya sedikit yang siap untuk gagal.

Jika ada waktu, cobalah menghubungi Jazimah Al Muhyi, penulis fiksi dari Yogyakarta yang sejumlah bukunya sudah beredar di pasaran. Sebelum naskah pertamanya dimuat di Majalah Annida, sudah 36 cerpennya ditolak. Tapi ia tak pernah menyerah.

Saya pun memiliki pengalaman yang hampir sama. “Sasaran tembak utama” saya ketika merintis karir di bidang penulisan adalah majalah (alm) Anita Cemerlang. Banyak naskah kiriman saya yang tak jelas rimbanya. Dimuat tidak, tapi juga tak ada kabar mengenai penolakan. Selain itu, cerpen saya yang ditolak oleh Anita pun sudah puluhan naskah. Saya pernah mengatakan 50 cerpen, tapi mungkin lebih sedikit dari itu (saya sudah lupa). Mungkin sama jumlahnya dengan cerpen Jazimah yang ditolak oleh Annida.

Yang jelas, jumlahnya sangat banyak.

Sebelum menemukan listrik, Thomas Alva Edison telah bereksperimen sebanyak 999 kali, dan semuanya gagal. Jika pada percobaan ke-1000 ia mundur, maka kemungkinan besar hari ini kita tak akan bisa menonton siaran TV atau menyimpan makanan di kulkas. Hidup kita akan menjadi gelap gulita di malam hari, sepi karena tak ada televisi.

Tak ada penulis yang tiba-tiba menjadi terkenal. Pasti ada proses di balik setiap keberhasilan. Peribahasa klise mengatakan, “Kegagalan adalah sukses yang tertunda.” Mungkin Anda sudah bosan mendengarnya. Tapi percayalah, itu adalah obat yang sangat ampuh untuk mengatasi ketakutan Anda.

Oh ya, satu hal lagi. Naskah yang ditolak belum tentu karena karena kualitasnya jelek. Bisa saja, naskah yang ditolak di media A, ternyata dimuat di media B. Mungkin naskah Anda tidak cocok di media C, tapi sangat cocok di media D. Ada begitu banyak alasan penolakan naskah, dan “kualitas yang payah” hanyalah satu di antaranya.

Insya Allah, beberapa waktu lagi saya akan mengirim materi tentang kiat sukses

pengiriman naskah ke media massa. Di sana Anda dapat membaca mengenai hal ini

secara lebih jelas.

2. Minder

“Saya ingin sekali jadi penulis, dan sudah ada beberapa nasah yang saya hasilkan. Tapi saya tak berani mengirimnya ke media massa, karena saya merasa karya saya itu semuanya jelek.”

Terus terang, saya sudah bosan mendengar ucapan seperti di atas. Di acara pelatihan penulisan, di milis-milis, atau di tempat-tempat lain, sudah terlalu sering saya mendengar orang-orang bicara seperti itu. Saya sampai tiba pada kesimpulan, bahwa minder adalah penyakit yang paling banyak menyerang para penulis pemula.

Asma Nadia pernah melontarkan sebuah kalimat yang amat menggelitik, “Tak pernah ada ceritanya, seorang penulis mati terbunuh hanya gara-gara kualitas naskahnya jelek.”

Ya, Asma benar. Mungkin Anda akan dicela orang jika naskah Anda sangat buruk.

Mungkin Anda disarankan untuk mencari aktivitas lain, tak ada gunanya jadi penulis.

Kenyataan seperti ini memang menyakitkan. Tapi percayalah! Naskah yang buruk itu tak akan pernah mencabut nyawa Anda.

“Saya merasa naskah saya jelek.”

Ya, SAYA MERASA.

Jadi, itu sebenarnya hanya perasaan Anda. Tapi apakah naskah Anda benar-benar jelek atau justru sangat bagus?

Apakah Anda mau membuktikannya?

Anda bisa menjawab:

1.YA, saya mau, atau:

2.TIDAK!

Semua terserah Anda.

Nah, sekarang jelas bukan? Bila memilih YA, Anda punya banyak kemungkinan.

Ada kemungkian yang baik, ada pula kemungkinan yang buruk. Namun bila Anda

memilih TIDAK, maka kemungkinannya hanya satu: KEBURUKAN.

Jadi, sekarang pilihan berada di tangan Anda. Apakah Anda ingin memelihara rasa minder itu, atau membuangnya dan menyongsong sebuah kesuksesan?

Katakan saja, SAYA INGIN SUKSES.

Dan buanglah rasa minder itu jauh-jauh.

Coba tunjukkan naskah Anda pada teman-teman Anda, atau seorang penulis yang sudah berpengalaman (di zaman internet ini, Anda bisa dengan mudah mengirim naskah Anda pada seorang penulis yang belum anda kenal secara pribadi, dan tinggalnya ribuan kilometer dari tempat tinggal Anda). Lalu tunggulah reaksi mereka.

Jika mereka mengatakan naskah Anda jelek, berarti Anda pemenangnya.

Perasaan Anda tidak salah. Tapi jika Anda jadi kecewa lalu bunuh diri karena hal itu, kini giliran saya yang akan kecewa.

Jika naskah Anda memang benar-benar jelek, justru itu menjadi materi belajar yang sangat bagus. Setiap orang bisa belajar dari kesalahan. Anda bisa bertanya pada teman Anda, atau pada si penulis terkenal, “Di mana letak kejelekan naskah saya?

Bagian mana yang harus saya perbaiki?” Jika mereka memberikan penjelasan yang memadai, maka Anda telah menjalani sebuah proses belajar yang sangat luar biasa. Dan dari hal-hal seperti inilah Anda punya kesempatan untuk meningkatkan kualitas karya-karya Anda.

Lantas jika mereka mengatakan naskah Anda bagus, maka perasaan Anda yang kalah. Tapi sebagai seorang penulis, Anda adalah sang pemenang. Jika karya Anda dipuji, disebut sebagai sebuah naskah yang sangat luar biasa, maka itu adalah modal yang sangat bagus untuk mengikis rasa minder Anda. Pujian akan membuat kita bangga (walau dalam taraf tertentu itu kurang baik juga), menimbulkan rasa percaya diri, dan secara perlahan rasa minder akan hilang. Pujian adalah obat yang sangat mujarab untuk mengatasi rasa minder. Yang penting, jangan sampai terlena oleh pujian.

Sebab terlena oleh pujian merupakan penyakit tersendiri pula.

Jadi, sebenarnya tak ada alasan untuk minder, bukan? Naskah Anda jelek atau bagus, ternyata hasil pengujiannya bisa menghasilkan obat yang sangat mujarab untuk mengatasi penyakit kronis yang bernama minder itu.

Ayo, sudahlah! Jangan katakan lagi “Saya minder dan tulisan saya sangat jelek”.

Sepuluh tahun lagi, Anda mungkin bisa mengalahkan Agatha Christie dan Stephen King.

Apa lagi yang Anda tunggu?

3. Membesar-besarkan masalah

“Saya ingin sekali menjadi penulis, tapi:

-Rumah saya sangat bising; banyak penghuninya dan terletak di tengah pasar Tanah Abang. Tiap hari sangat gaduh. Tak ada tempat yang tenang untuk menulis.

-Saya tak punya komputer.

-Saya sakit-sakitan.

-Saya adalah pekerja kantoran yang serba sibuk. Pergi pagi pulang petang. Setiba di

rumah, sudah malam dan saya mengantuk. Lagipula saya harus mengurus tiga anak

yang semuanya masih kecil.

Duh, betapa banyaknya masalah yang membebani Anda. Ya, Anda memang punya alasan untuk mundur dari dunia penulisan. Tapi apakah semua itu adalah alasan yang kuat? Mari kita lihat fakta berikut ini:

-Gola Gong adalah seorang penulis yang bertangan satu.

-Ketika saya merintis karir di bidang penulisan, saya tak punya mesin tik dan belum kenal komputer. Saya menulis dengan tangan, lalu mengetikkan naskah saya di biro jasa pengetikan.

-Fahri Asiza adalah penulis produktif yang sehari-hari berperan sebagai seorang pengusaha dan suami yang sangat sibuk. Tapi ia bisa menulis puluhan novel.

Ia menyempatkan diri menulis sekitar jam 5 hingga 5.30 pagi, setiap hari. Dengan cara ini, ia dapat menyelesaikan puluhan novel

-Para anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Hong Kong adalah manusia-manusia yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Ya, mereka tak ubahnya seperti Si Inem atau Si Ijah yang setiap hari menyiapkan sarapan dan mengepel lantai di rumah Anda. Tapi mereka sudah berhasil menerbitkan buku kumpulan cerpen. Bahkan ada di antara mereka yang telah menerbitkan buku sendiri.

Ayolah, Sobat! Di awal tulisan ini saya sudah menyebutkan, “Kendala sebesar apapun tak akan ada artinya jika di dada kita telah tertanam motivasi yang sangat kuat.”

Memang, yang di atas itu adalah kendala-kendala bagi kita semua. Jangan dikira hanya Anda yang mengalaminya. John Grisham dan Putu Wijaya pun mengalami hal yang sama, kok.

Jadi, masih adakah alasan bagi Anda untuk mempermasalahkan masalah-masalah tersebut? Hadirkanlah motivasi di hati Anda, maka semua masalah di atas tak akan ada artinya sama sekali. Ada demikian banyak trik dan kiat yang bisa Anda terapkan untuk mengatasinya. Bagaimana? How? Sudahlah. Saya tak akan mengajari Anda. Jika tekad Anda sudah membaja, saya yakin Anda akan dengan sangat mudah menemukan seribu trik untuk menyiasati masalah sebesar apapun.

4. Dikritik lalu mati

Saya punya beberapa teman yang sangat antusias untuk jadi penulis. Ketika membaca naskah mereka, saya akui kualitasnya belum bagus. Lalu saya mengkritik karya-karya itu atas permintaan mereka. Mereka pun merevisinya, lalu meminta saya kembali mengkritik. Saya belum melihat kemajuan yang berarti, lalu kembali saya katakan bahwa ini masih perlu diperbaiki. Kini, teman saya itu hilang entah ke mana, sepertinya mereka tak pernah menulis naskah lagi.

Jika Anda sama seperti teman saya tersebut, ijinkan saya mengungkapkan sebuah rahasia: Jika si pengkritik itu tidak mencintai Anda, maka ia akan cuek saja pada naskah Anda. Mau jelek kek, hancur kek, emangnye gue pikirin?

Tapi lihatlah apa yang dia lakukan? Ia begitu semangat untuk membaca naskah Anda. Ia begitu antusias untuk menemukan kelemahan-kelemahan di dalamnya, lalu dibedahnya, dianalisisnya, kemudian Anda diberitahunya tentang cara menulis yang jauh lebih baik.

Kenapa ia mau melakukan pekerjaan yang amat merepotkan seperti itu? Apa yang dia cari sesungguhnya? Uang? Atau dia sedang cari muka pada Anda. Maka inilah rahasia itu: Sebenarnya si pengkritik itu sangat cinta pada Anda. Dia menaruh perhatian yang sangat besar terhadap bakat dan semangat menulis Anda. Ia ingin agar Anda tumbuh menjadi seorang penulis yang sukses.

Pertanyaannya sekarang: Apakah Anda tega mengecewakan orang yang mencintai Anda? Kenapa Anda tidak bersemangat padahal dia jauh lebih bersemangat dan antusias untuk menyaksikan kesuksesan Anda?

Ayolah, bangun dan gosok terus motivasi tersebut. Jika ia sudah panas membara, seperti api olimpiade, percayalah! Walau saya mengatakan naskah Anda sangat jelek, memuakkan, bahkan saya mengatakan Anda sangat tidak tahu diri karena masih nekat menjadi penulis, saya yakin bahwa Anda tak akan peduli sama sekali.

Okay?

5. Tidak Sabaran

Impian setiap penulis, termasuk saya, adalah:

Hari ini menulis novel, besok sudah diterbitkan, lusa dipuji di mana-mana, dan di hari ketiga nama saya sudah terpampang di halaman Budaya dari sepuluh surat kabar terkenal. Judul beritanya, “Telah lahir, Jonru, seorang sastrawan kaliber internasional!”

Sobat, marilah kita bersikap realistis. Tak ada kesuksesan yag diraih dalam satu atau dua hari. Bahkan para jawara Indonesian Idol, AFI, KDI dan sebagainya, yang disering dicap sebagai orang-orang yang populer secara instan, pun sebenarnya melalui proses yang sangat panjang. Kita mengenal Mike, Siti atau Delon hanya setelah mereka tampil di layar kaca. Sebelum itu, apakah Anda mengenal mereka? Apakah Anda tahu kegiatan sehari-hari mereka?

Saya yakin, sebelum ikut audisi AFI atau KDI, mereka telah melalui proses yang panjang. Mungkin jadi penyanyi bar, ikut vocal group, mengirim demo lagu ke industri musik tapi selalu ditolak. Mereka telah melewati demikian banyak anak tangga, dan AFI atau KDI atau Indonesian Idol hanyalah tangga berikutnya yang letaknya sudah dekat dengan pintu sukses.

Semua kesuksesan pasti perlu proses. Jika hari ini semua naskah Anda masih ditolak oleh semua media, bahkan Anda sempat berpikir bahwa Anda dicekal di mana-mana, percayalah bahwa ini haya masalah waktu. Anda sebenarnya sama seperti calon pendekar yang masih bertapa di dalam gua. Anda kelaparan, sendirian, digigit nyamuk, menggigil kedinginan, dan berbagai kesulitan lain menerpa.

Tapi percayalah. Suatu saat nanti, anda akan hadir di jagat persilatan sebagai pendekar yang bisa terbang dan membasmi seribu musuh hanya dalam satu gerakan tangan. Anda akan menjadi pendekar yang sangat sakti

Jadi, kenapa harus tidak sabaran? Semua itu perlu proses dan perjalanan panjang, bukan?

6. Malas Berusaha

Ini adalah penyakit yang bisa melanda siapa saja di bidang apa saja. Jadi, ini bukan penyakit khas para calon penulis.

Dialog berikut ini tidak nyata, tapi saya pernah menghadapi seorang calon penulis yang mentalnya lebih kurang sama.

“Kenapa naskah novel kamu itu belum dikirim juga?”

“Aku belum tahu alamat penerbitnya.”

“Ya dicari, dong. Emang apa namanya?”

“Penerbit Anu.”

“Wah, itu masih di dalam kota. Alamatnya di jalan X nomor 10, dekat rumah sakit

umum. Antar langsung saja naskah kamu ke sana.”

“Malas, ah. Kalau ke sana kan, perlu naik angkot tiga kali. Repot.”

“Kalau begitu, kirim lewat pos saja.”

“Kantor pos juga jauh.”

“Kirim lewat email.”

“Kamu ini gimana, sih? Aku kan gaptek soal internet.”

“Ya, belajar dong.”

“Enggak ada waktu. Lagipula, apa pentingnya sih, belajar internet?”

Teman, kesuksesan tak akan pernah menghampiri seorang pemalas. Kalau mau berhasil, ya harus rajin.

Dan kemalasan bukan hanya menyangkut hal-hal seperti yang tersirat lewat dialog di atas. Ada penulis yang malas menghampiri komputer untuk mengetik naskah. Ia lebih asyik berkutat di depan televisi yang menayangkan sinetron atau komedi situasi.

Atau walaupun sudah di depan komputer, ia malah memencet tombol “games”, bukan “Microsoft Word”. Dan yang lebih tragis, ia membiarkan dirinya tidak menulis selama berhari-hari dengan alasan, “Lagi enggak ada mood.”

Helvy Tiana Rosa pernah berkata, tips jitu untuk menjadi seorang penulis adalah langsung praktek menulis, menulis, dan menulis. Menulislah setiap hari.

Jangan sampai Anda membiarkan satu hari terlewat tanpa adanya aktivitas menulis.

Jadikan menulis sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

Kalau bisa, jangan jadikan ia sebagai hobi. Hobi biasanya hanya digeluti ketika kita suka dan ada waktu luang. Begitu tugas utama menanti, hobi pun terbengkalai.

Kalau Anda benar-benar ingin jadi penulis, jadikan menulis sebagai pilihan hidup, bukan hobi. Katakan pada diri Anda, “Saya seorang penulis!” dengan penuh percaya diri!

Tapi jangan salah sangka. “Menulis setiap hari” itu bukan berarti Anda harus tiap hari menulis cerpen atau novel atau artikel atau resensi buku. Oh, tidak. Kalau hari ini Anda hanya menulis satu paragraf yang berisi pengalaman tadi malam di jalan raya menuju rumah, atau pendapat singkat – sekitar tujuh kalimat – mengenai kenaikan harga BBM, itu pun sudah sangat bagus. Sesederhana apapun tulisan yang Anda buat, itu tidak masalah. Yang penting, menulislah setiap hari, karena bagi kita menulis itu sama seperti makan pagi, siang dan malam.

* * *

Oke, semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga motivasi dan semangat yang menyala-nyala tetap berkobar di hati Anda.

Sebab itu adalah senjata utama Anda untuk meraih impian menjadi penulis sukses! (*)

Ingin Mendapat Motivasi Menulis Terlengkap,

Plus Kiat Paling Mendasar dalam Menulis?

Dapatkan Buku“Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”

Edisi Lengkap Buku Ini Bisa Diakses di

http://www.PenulisHebat.com

(TIDAK ADA KEGAGALAN, HANYA KESUKSESAN YANG TERTUNDA) ~ By: Michael Lum Y. & Billi Lim ~

 

DARE TO FAIL
NO FAILURE, ONLY SUCCESS DELAYED

1. “Ada pasang surut dalam hubungan manusia,
Yang, saat dibawa banjir,memberikan keuntungan;
Yang dihilangkan, semua perjalanan dalam hidup mereka
Adalah yang terbungkus kepedihan dan dan penderitaan,
Pada kapal seperti itu kita sekarang mengapung,
Dan kita harus menjalani hari ini, atau kita kehilangan keberanian.”
~SHAKESPEARE~
2. Jari yang bergerak menulis, dan setelah mnulis, terus menulis. Tidak dengan semua kesalehan, tridak dengan menarik umpan. Tak satu kata pun t erbasuh oleh air mata karena menghilangkan separuh baris
~ RUbaiyat dari Omar Khayam ayat 51 ~
3. Belajar pada kegagalan hidupku
Skenario 1 ruang bersalin. Dokter kandungan menarik saya dari kandungan Ibu dan mengguncang dengan memegang dua kaki saya. Ia kemudian menepuk pantan saya. Perawat memandikan saya di air hangat. Kemudian ia memberikan saya pakaian. Saya memakai popok.
Scenario 2 Kamar tidur. Saat saya berusia enam bulan, saya mulai merangkak. Di usia 10 bulan, saya mulai belajar berjalan. Pertama kali mencoba berdiri, saya jatuh. Saya mencoba lagi. Saya berjalan satu langkah. Saya jatuh lagi. Pelan namun pasti, ada perbaikan. Saya bisa berjalan beberapa langkah sebelum jatuh. Saya tidak berhenti. Oleh karena itu adalah tantangan.

Saya ingat jatuh sekitar 240 kali namun itu tidak memudarkan keinginan saya untuk jalan. Saya mnolak meyakini “Saya jatuh. Oleh karenanya saya harus merangkak dengan kai dan tangan seperti seekor anjing.” Bahkan keinginan saya untuk berjalan tumbuh semain kuat dari hari ke hari. Keinginan saya berjalan seperti ank-anak lain. Saya bermimpi menjadi anak yang kuat. Saya menginginkan kebebasan. Saya ingin mendemonstrasikan pada dunia bahwa say juga bisa berjalan.

Skenario 3 ruang tamu. Di suatu hari, keajaiban datang. Hai kalian! Lihatlah saya! Saya bisa berjalan tanpa jatuh. Pada akhirnya berjalan menjadi usaha tanpa sadar. Sejak saya berjalan, setiap hari menjadi hari penuh penemuan dan kesenangan.

Saat dewasa, setelah jatuh dalam satu atau dua kali usaha, saya putus asa. Mengapa para bayi dapat mengelola kegagalan dengan sukses? Mengapa orang dewasa berhenti begitu mudahnya? Lagipula, kita semua pernah menjadi bayi. Tidak dapatkah kita menggali semangat para bayi dalam diri kita? Ya, kita bisa.
Michael Lum Y.
4. Di Jepang, sekali Anda gagal, Anda tidak hanya dianggap pecundang, namun Anda juga akan sangat diremehkan
~ Nubuo Tanaka, Direktur Miti’s Industrial Finance Bureau, Jepang ~
5. Kesuksesan membutuhkan pengorbanan yang aneh dari mereka yang memujanya.
~ Aldous Huxley ~
6. Dengan metode yang berbeda maka orang yang berbeda menonjol. Namun siapakah orangnya yang bisa melakukan apa pun dengan baik
~ Charless Churchill ~
7. Di Jepang, orang yang bangkrut disuruh diam dan sembunyi. ~ Yuichiro Itakura ~
8. Orang muda berpikir bahwa kegagalan itu seperti Penjara Siberia di ujung garis, tempat pembuangan bagi semua makhluk hidup dan cenderung untuk melakukan yang kemudian saya lakukan- yaitu bersembunyi ~ james Baldwin ~
9. Sebuah kegagalan yang hidup lebih baik daripada sebuah mahakarya yang mati
~ George Bernard Shaw ~
10. Jangan biarkan hidup merontokkan Anda, setiap orang yang sam[ai di suatu tempat harus memulainya dari tempat dulu ia berada ~ Richard Evans ~
11. Kegagalan menjadi dua kelompok- mereka yang berpikir dan tidak pernah melakukan serta mereka yang melakukan dan tidak pernah berpikir ~ John Salak ~
12. Ada dua jenis kegagalan; orang yang tidak melakukan yang disuruh dan orang yang tidak melakukan apa pun ~ perle Thompson ~
13. Saat seseorang ditekan, disiksa, dikalahkan, ia memiliki kesempatan untuk belajar sesuatu, ia telah menempatkan pada akalnya, pada kedewasaannya, ia telah melihat fakta, mempelajari keacuhannya dan disembuhkan oleh kesadaran kecongkakannya, memiliki sikap dan keahlian yang nyata ~ Ralph Waldo Emerson ~
14. Sekolah adalah tempat di mana kamu pergi saat orang tuamu tidak dapat menerimam dan lapangakn kerja juga tidak dapat menerimamu ~ John Updike ~
15. Saya telah melihat lebih jauh dari orang lain, karerna saya berdiri di bahu seorang raksasa ~ Albert Einstein ~
16. Orang yang mencoba melakukan sesuatu dan gagala jelas lebih baik daripada merekayang tidak mencoba melakukan apa pun dan kemudian sukseskegagalan itu delalu bersifat sen mentara, gagal hanyalah kesuksesan yang tertunda
~ graham Greene ~
17. Kegagalan itu sementara
Kegagalan itu selalu bersifat sementara, gagal hanyalah sukses yang tertunda
18. Hari ini saya sangat menghargai kegagalan-kegagalan di masa lalu: mengapa? Oleh karena alas an ini :…bahwa saat saya membalik halaman sejarah perjuangan manusia untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk didiami, saya melihat ‘kegagalan’ di masa lau- kegagalan yang memberikan lebi banyak art kepada peradaban manusia daripada semua hal yang disebut sukses yang terctat dalam sejarah dunia ~ Michael Lum Y
19. Sukse biasanya adlah puncak dari pengendalian kegagalan ~ Sylvester Stallone ~
20. Hanya mereka yang berani gagal besar bisa berharap meraih yang besar pula
~ Robert F. Kennedy ~
21. Kegagalan adalah suatu tantangan bagi orang lain ~ Amelia Earheart ~
22. kegagalan adalah tanda suatu kesuksesan yang sedang anada kerjakan saat seseorang akhirnya kalah dalam ko,petisi, itu menunjukkan seberapa jauh ia telah berusaha ia telah berusaha. Kegagalan menjadi titik awal dari usaha selanjutnya, membuktikanbahwa kegagalan itubukanlah akhir! ~ Dave Anderson ~
23. satu-satunya kegagalan yang harus ditakuti manusia adalah kegagalan mempersatukan tujuan yang menurutnya paling baik ~ George Eliot ~
24. kegagalan adalah kesempatan terbesar yang saya miliki untuk mengenali diri saya sebenarnya ~ John Killinger ~
25. kesuksesan tidak pernah berakhir, kegagalan tidak pernah merupakan akhir ~ Robert Schuller ~
26. ia tidak gagal. Ia masih belum mati ~ W.L. George
27. oleh karerna Tuhan begitu mencintai kegagalan sehingga Ia begitu banyak membuatnya ~ Michael Lum. Y
28. pukulan adalah bagian dari menu kehidupan ( Rosalind Russell)
29. oleh karena kawan kita gagal sekali atau dua kali atau selusin kali, Andatidak harus menyebutnya sebagai orang yang gagalsampai ia mati atau kehilangan keberaniannya
~ George Lorrimer ~
30. lepaskan diri Anda, saat sesuatu gagal, itu adalah peristiwanya, bukan Anda
~ Billi Lim ~
31. saya tidak gagal, saya sukses menentukan contoh yang salah ~ Graffiti ~
32. Kita tidak gagal, sebenarnya pekerjaan kitalah yang gagal ~ Billi Lim ~
33. Saat kita memberikan izin pada diri sendiri untuk gagal, kita pada saat yang sam memberikan izin pada diri sendiri untuk berprestasi baik ~ Eloise Ristad ~
34. Ia yang berbaring di bawah takkan dapat jatuh ~ Peribahasa Yuddish ~
35. Kegagalan adalh jalan tol menuju sukses, oleh karena seperti setiap penemuan arti kegagalan akan membawa kita mencari secara juujur apa yang ada sebenarnya ~ John Keats ~
36. Garis antara kegagaln dan sukses begitu jelas sehingga kita hamper tidak tahu kapan melewatinya- begitu jelas ssehingga kita seering kali berada di garis itu dan tidak mengetahuinya ~ Ralph Waldo Emerson ~
37. Kegagalan itu seukses bila kita belajar darinya ~ Malcolm Forbes ~
38. Tidak ada kegagalan , hanya sukses yang tertunda
39. Kegagalan menciptakan niai
Banayak mannnnnnnnnnnfaat yang diperoleh saat membuat beberapa kesalahan dalam tahapan awal kehidupan ~ Thomas Huxley ~
40. Para dewa akan menghancurkan apa yang muanya mereka janjikan ~ John Carew ~
41. Kegagalan adalah suatu asset
Setiap kemalangan, setiap kegagalan, setiap pusing kepala membawa bibit persamaan atau manfaat yang besar ~ Napoleon Bonaparte ~
42. Kegagalan hanya membuat saya mencoba lebih keras dan lebih keras lagi sampai saya sukses. Setiap seseorang member tahu saya bahwa itu tidak akan berhasil, saha jaid semakin bersemangat untuk memmbuatnya berhasil ~ John Killinger (Pendiri Dummies Books)~
43. Kegagalan menciptakan kesempatan
Kegagalan hanyalah kesempatan untunk milai kembali dengan lebigh pintar ~ Henry Ford ~
44. Jika ingin sukses Anda harus menempuh jalur baru bukannya bepergian lewat jalur yang pernah dipakai untuk mencpai sukses sebelumnya ~ JohnRockefeller ~
45. Ada perbedaan besar anatara memainkan permainan untuk menagn dan bermain untuk tidak kalah. Yang pertama adalah cirri seorang juara, yang lain adalah cirri orang yang kalah ~ Billi Lim ~
46. AKADEMI KEGAGALAN
Tidak masalah jika gagal, jika Anda tidak gagal, Anda tidak akan tumbuh ~ H. Stanley Judd ~
47. Haapoi sukses seperti seoran gentleman dan hadapi bencaana seperti seorang laki-laki ~ Lord Birkenhead ~
48. Batu loncatan
Adalah kekalahan yang membuat tulang menjadi batu api, tulang muda menjadi otot dan membuat orang tak terkalahkan. Oleh karenanya, jangn takut kalah. Anada tidak pernah sedekat itu dengan kemenangan seperit saat dikalahkan
~ Henry ward Beecher ~
49. Anaka pingitan orang kaya mungkin akan bersinar selama beberapa waktu di masyarakatnya, namuntidak di dunia yang penuh gejolak kecuali mereka mencabik jaketnya dan mulai bekerja ~ B. C. Forbes ~
50. Gagal dulu, sukses kemudian
Ujian keberanian terbesar di dunia ini adlah menanggung kekalahan tanpa lehilanagan hati ~ Robert Ingersoll ~
Kegagalan adalah batu loncatan kea rah kesuksesan
51. Jaklannya using dan licin. Aku terpeleset dan menabrak orang lain sampai keluar jalan. Namun aku bangkit lagidan berkata npada diri sendiri,”ini Cuma terpeleset, bukan kegagalan.” ~Abraham Lincoln ~
52. Kadang-kadang kegagaln melayani dunia dengan setia sepertis ukses yang berbeda ~ Eward Dowden ~
53. Kemenangan atebesar kita bukan karena tidak pernah jatuh namun karena bangkit setiap kali jatuh ~ Oliver Goldsmith ~
54. Kegagala terjadi saat seseorang melakukan kesalahan namun tidak mampu untuk menggali pengalaman dari sana ~ Elbert Hubbard ~
55. Tidak ada investasi yang lebih baik di masyarakat mana pun dari pada memberikan susu kepada bayo ~ Winston Churchill ~
56. Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik
Umpan balik adalah sarapan para juara ~ Rick PTaste ~
57. Tidak ada kegagalan, hanya hasil
Masalah kita dalah buatan manusia, karenanya mungkin diselesaikan oleh manusia ~ John F. Kennedy ~
Hokum Mortarboards
Masalah = tantangan + penemuan
58. Rintangan vs penemuan
Bukannya karena Anda telah jatuh, itu hanya karena ANda belum menemukan sesuatu yang baru! ~ Alexander Graham Bell ~
59. Salah satu orang yang suka berubah adalah bayi yang masih basah ~ Roy Blitser ~
60. Jangan, jangan, jangan pernah putus asa
Tidak ada kegagalan, kecuali tidak lagi mencoba ~ Elbert Hubbard !
Kemungkinan sukse = jumlah mencoba
61. Setiap usaha yang salah aalh satu langkah maju ~ Thomas A. Edison ~
62. Sukses dapat diraih hanya dengan kesalahan berkali-kali. Kesuksesan saya mewakili 1% kerja yang dihasilkan dari 99% kesalahan ! Soichiro Honda ~
63. Kegagala tidak membuat Anda menjadi orang gagal, melainkan putus asa dan menolak untk mencoba kembali! ~ Richard Exley ~
64. Prang yang tidak pernah gagal tidak pernah mencoba sesuatu yang baru ~ Albert Einstein ~
65. Satu-satunya saat dimana anda gagal adlah saat terakhir Anda mencoba ~ Charle Ketering ~
66. Jika orang-orang gagal sdi dunia ini menyadari betapa para jenius saat ini pernah sangat putus asa, mereka akan bangkit danmencoba lagi ~ Fay Compton ~
67. Satu-satunya kegagalan yang tidak terhormat adalh kegagalanmencoba ~ Malcolm Macneil ~
68. Tuhan membantu orang yang berusaha keras ~ Aeschylus ~
69. KEGAGALAN ADALAH GURU TERBESAR KITA
Saya lebih banyak belajar dari restoran yang gagal daripada restoran yagn sukses ~ Restoran Wolfgang Puck ~
70. Pendidikan dimulai dari kegagalan pertama saya ~ Hardknocks factory Sdn. Bhd
71. Guru membukaakn pintu namun anda harus masuk sendiri ~ Peribahasa Cina ~
72. Tunjukkan pada saya orang yang benar-benar puas, dan saya akan menunjukkan pada Anda orang yang gagal ~Thomas Alfa Edison ~
73. Ia yang tidak pernah mendaki, jarang jatuh ~ John Whittier ~
74. Kesuksesan tidak terlalu menggetarkan kecuali orang tersebut talah mengalami kegagalan terlebih dahulu ~ Wiliam Father ~
75. Kekalahan selalu salah dan membuat Anda menyadari a pa yang sebenarnya Anda inginkan. Ia membuat Anada berhenti mengejar kupu-kupu dan membuat menggali emas ~ William Marston ~
76. TIPUAN SUKSES
Sukses adalah penggoda yang akan mengumpankan Anda pada kepuasan hati dan membuat anda arogan – dua factor yang memastikan kejatuhan Anda berikutnya ~ Billi Lim ~
77. Apakah sukses itu memang baik?
Sukses itu berbahaya. Orang mulai untuk meniru diri sendiri itu lebih bahaya daripada meniru orang lain. Oleh karena akan mengarah pada terjadinya sterilitas ~ Pablo Picasso ~
78. Kegagalannya dalah pengalaman yang tak ternilai dimana mereka tidak hanya membuka jalan untuk kebenaran yang lebih dalam namun memaksanya untuk mengubah pandangan dan metodenya
~ Carl Jung, Modern Man in search his soul ~
79. Rahasia kesuksesan hidup dikenal hanya oleh mereka yang pernah tidak sukses ~ John Collins ~
80. Sukses mengarah pada kejatuhan
Satu-sastunya masalah dengan kesuksesan bahwa ia tidak mengajari Anda bagaimana menangani kegagalan ~ Tommy Lasorda ~
81. Ironisnya, terlalu banyak sukses melahirkan kebanggaan dan rasa arogan yang bisa membawa pada kejatuhan ~ Michael Lum Y ~
82. Tragedy kehidupan bukan karena seseorang kalah namun karena ia hamper menang ~ Heywood Broun ~
83. Harga kesuksesan
Kesuksesan memiliki kecenderungan untuk menyembunyikan dan melemparkan topeng ke atas perjanjian setan dengan manusia ~ Demosthenes ~
84. Berdoalah agar kesuksesan tidak datang lebih cepat sehingga Anda dapat menanganinya ~ Elbert Hubbard ~
85. Tidak ada akhir untuk kesuksesan
Hal terberat dalam kesuksesan adalah bahwa Anda harus menjaga untuk tetap sukses. Bakat hanyalah titik awal dari bisnis. Anda hasus mempertahankan bakat itu. ~ Irving Berlin ~
86. Kita memperoleh kebahagiaan justru karena hancurnya rencana indah kita, kemudian mendapati bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan ~ Amos Alcott ~
87. Kita tidak dapat pernah memastikan kesuksesan
Bukan gunungnya yang kita taklukkan melainkan diri sendiri ~ Sir Edmund Hillary ~
88. Orang gagal meraih keberuntungan terbesar karena hal yang samalah yang menyebabkan mereka bangkit ~ La Bruyette ~
89. Kesuksan awal itu bisa fatal
Kenaikan tiba-tiba kadang kala diikuti oleh kejatuhan yang tiba-tiba pula. Saya paling meyakini individu yang melangkah tahap demi tahap. Jamur bisa bersemi di pagi hari, pohon membutuhkan 50 tahun atau lebih untuk meraih kematangan. Jamur tidak bertahan lama, pohon bertahan ~ B.C. Forbes ~
90. Keuntungan Pemula?
Jika pada mulanya Anda sukses, ia bisa member adalah rasa prioritas yang keliru
~ Frangk Tyger ~
91. Berapa lama sukses bisa bertahan?
92. Kegagalan itu tidaklah terlalu buruk jika tidak menyrang jantung. Sukses itu baik-baik saja, jika ia tidak sampai ke kepala ~ Grantland Rice ~
93. Sukses jarang sekali membawa kesuksesan ~ Baltasar Gracion ~
94. Sukses telah banyak menghancurkan orang ~ Benjamin Franklin ~
95. Jalan menuj kelalaian sering kali melewati kubah kemenangan ~ Don Aminado ~
96. Sukses itu relative. Tergantung dari pa yang bisa kita buat dan kekacauan yang timbul saat kita melakukan sesuatu ~ T.S. Eliot ~
97. Bermanis-manislah pada mereka yang naik karena Anda akan segera menemui mereka turun ~ Jimmy Durante ~
98. Bahkan Yang Kuat Akan Jatuh
Hal paling baik yang darang bersama suksese iala pengetahuan bahwa kesuksesan itu tidak perlu ditunggu ~ Liv Ulman ~
99. Kecuali orang telah diajari a pa yang harus dilakukan dengan sukses setelah mendapatkannya, keberhasilannya itu pasti akn membuatnya dimangsa kemalangan ~ Bertrand Russel ~
100. Kegembiraannya bukan karena tidak pernah gagal. Kegembiraannya ada pada saat kita pulih kembali ~ Billi Lim ~
101. Kembali dari kegagalan
Hidup itu untuk dijalani, bukan dikendalikan dan kemanusiaan itu ada pada saat terus bermain meski menghadapi kekalahan ~ Ralph Ellison ~
Tidak ada jaminan kesuksesan, namun tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan ~ Bill Clinton ~
102. Saat hidup membangun Jeruk
Itu masa lalu. Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk mengubahnya. Saya mencoba membuat sirup dari jeruk dan terus berjalan ~ Monica Lewinsky ~
103. Kegagalan hanya menekan saya maju dengan pemecahan lebih banyak ~ Thomas Alfa Edison ~
104. Ada cara yang lebih baik untuk melakukannya. Temukan ~ Thomas Alfa Edison ~
105. Agar sukses di bisnis, setidaknya Anda membutuhkan satu kegagalan yang hebat ~ walt Disney ~
106. Jangan memikirkannya sebagai kegagalan. Pikirkan sebagai waktu melepaskan sukses ~Robert Orben ~
107. Kegagalan ada id tangan kita
Salah satu alas an Tuhan menciptakan waktu adalah agar ada tempat untuk mengukur kegagalan di masa lalu ~ james Long ~
108. Tak seorang pun sukses besar kecuali bersedia menanggung kegagalan ~ William Feather ~
109. Orang dilahirkan untuk sukses bukan untuk gagal ~ Henry Thoreau ~
110. Saat hidup menurun menjadi sebuah lubang saya harus menyalakan lilin saya sendiri ~ Unknown Author ~

Apa itu kegagalan yang sukses?
Pertama, suatu kegagalan yang sukses berani untuk mengakui “saa gagal.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti bertanggung jawab penuh atas kegagalannya
Suatu kegagalan yang sukses berarti memisahkan dirinya dari tindakan gagal
Suatu kegagalan yang sukses berarti berani menyatakan “saya berani gagal!”
Suatu kegagalan yang sukses berarti telah memaksimalkan sumber daya dan bakatnya sampai batas.
suatu kegagalan yang sukses berarti tidak menyalahkan bintangnya, nasib buruk atau orang lain
Suatu kegagalan yang sukses berarti mengetahui bahwa “saya belajar dari kegagalan”
Suatu kegaglan yang sukses berarti memiliki suatu pemikiran “saya akan mencari tahu”
Suatu kegaglan yang sukses berarti menggumamkan “sayaharus melakukannya, bukan saya seharusnya melakukannya.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti meyakinkan dirinya bahwa “saya akan menghindari kesalahan yang sama.”
Suatu kegagaln yang sukses berarti melihat kegagalan sebagai kesempatan bukan sebagai masalah
Suatu kegagaln yang sukses berarti bisa meramalkan solusi, bukan halangan
Suatu kegagalan yang sukses berarti tidak berhenti, “saya akan mencoba lagi.”
Suatu kegaglan yang sukses meyakini bahwa gagal mencoba berarti mencoba untuk gagal
Suatu kegagalan yang sukses berarti menekankan,”Pasti ada cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu.”
Suaut kegagalan yang sukses berarti menantang “saya akan kembali supaya sukses.”
Suatu kegaglan yang sukses berarti meyakini,”Tidak ada gratis, saya harus bekerja”
Suatu kegagalan ang sukses berarti memiliki kredo “Gagal mempersiapkan berarti siap intuk gagal.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti selalu tersenyum. Akan ada pelangi setelah badai petir
Akhirnya, suatu kegagalan yang sukses berarti merayakannya karena kegagaln akan mengarah pada kesuksesan

DARE TO FAIL
NO FAILURE, ONLY SUCCESS DELAYED
(TIDAK ADA KEGAGALAN, HANYA KESUKSESAN YANG TERTUNDA)
~ By: Michael Lum Y. & Billi Lim ~
1. “Ada pasang surut dalam hubungan manusia,
Yang, saat dibawa banjir,memberikan keuntungan;
Yang dihilangkan, semua perjalanan dalam hidup mereka
Adalah yang terbungkus kepedihan dan dan penderitaan,
Pada kapal seperti itu kita sekarang mengapung,
Dan kita harus menjalani hari ini, atau kita kehilangan keberanian.”
~SHAKESPEARE~
2. Jari yang bergerak menulis, dan setelah mnulis, terus menulis. Tidak dengan semua kesalehan, tridak dengan menarik umpan. Tak satu kata pun t erbasuh oleh air mata karena menghilangkan separuh baris
~ RUbaiyat dari Omar Khayam ayat 51 ~
3. Belajar pada kegagalan hidupku
Skenario 1 ruang bersalin. Dokter kandungan menarik saya dari kandungan Ibu dan mengguncang dengan memegang dua kaki saya. Ia kemudian menepuk pantan saya. Perawat memandikan saya di air hangat. Kemudian ia memberikan saya pakaian. Saya memakai popok.
Scenario 2 Kamar tidur. Saat saya berusia enam bulan, saya mulai merangkak. Di usia 10 bulan, saya mulai belajar berjalan. Pertama kali mencoba berdiri, saya jatuh. Saya mencoba lagi. Saya berjalan satu langkah. Saya jatuh lagi. Pelan namun pasti, ada perbaikan. Saya bisa berjalan beberapa langkah sebelum jatuh. Saya tidak berhenti. Oleh karena itu adalah tantangan.

Saya ingat jatuh sekitar 240 kali namun itu tidak memudarkan keinginan saya untuk jalan. Saya mnolak meyakini “Saya jatuh. Oleh karenanya saya harus merangkak dengan kai dan tangan seperti seekor anjing.” Bahkan keinginan saya untuk berjalan tumbuh semain kuat dari hari ke hari. Keinginan saya berjalan seperti ank-anak lain. Saya bermimpi menjadi anak yang kuat. Saya menginginkan kebebasan. Saya ingin mendemonstrasikan pada dunia bahwa say juga bisa berjalan.

Skenario 3 ruang tamu. Di suatu hari, keajaiban datang. Hai kalian! Lihatlah saya! Saya bisa berjalan tanpa jatuh. Pada akhirnya berjalan menjadi usaha tanpa sadar. Sejak saya berjalan, setiap hari menjadi hari penuh penemuan dan kesenangan.

Saat dewasa, setelah jatuh dalam satu atau dua kali usaha, saya putus asa. Mengapa para bayi dapat mengelola kegagalan dengan sukses? Mengapa orang dewasa berhenti begitu mudahnya? Lagipula, kita semua pernah menjadi bayi. Tidak dapatkah kita menggali semangat para bayi dalam diri kita? Ya, kita bisa.
Michael Lum Y.
4. Di Jepang, sekali Anda gagal, Anda tidak hanya dianggap pecundang, namun Anda juga akan sangat diremehkan
~ Nubuo Tanaka, Direktur Miti’s Industrial Finance Bureau, Jepang ~
5. Kesuksesan membutuhkan pengorbanan yang aneh dari mereka yang memujanya.
~ Aldous Huxley ~
6. Dengan metode yang berbeda maka orang yang berbeda menonjol. Namun siapakah orangnya yang bisa melakukan apa pun dengan baik
~ Charless Churchill ~
7. Di Jepang, orang yang bangkrut disuruh diam dan sembunyi. ~ Yuichiro Itakura ~
8. Orang muda berpikir bahwa kegagalan itu seperti Penjara Siberia di ujung garis, tempat pembuangan bagi semua makhluk hidup dan cenderung untuk melakukan yang kemudian saya lakukan- yaitu bersembunyi ~ james Baldwin ~
9. Sebuah kegagalan yang hidup lebih baik daripada sebuah mahakarya yang mati
~ George Bernard Shaw ~
10. Jangan biarkan hidup merontokkan Anda, setiap orang yang sam[ai di suatu tempat harus memulainya dari tempat dulu ia berada ~ Richard Evans ~
11. Kegagalan menjadi dua kelompok- mereka yang berpikir dan tidak pernah melakukan serta mereka yang melakukan dan tidak pernah berpikir ~ John Salak ~
12. Ada dua jenis kegagalan; orang yang tidak melakukan yang disuruh dan orang yang tidak melakukan apa pun ~ perle Thompson ~
13. Saat seseorang ditekan, disiksa, dikalahkan, ia memiliki kesempatan untuk belajar sesuatu, ia telah menempatkan pada akalnya, pada kedewasaannya, ia telah melihat fakta, mempelajari keacuhannya dan disembuhkan oleh kesadaran kecongkakannya, memiliki sikap dan keahlian yang nyata ~ Ralph Waldo Emerson ~
14. Sekolah adalah tempat di mana kamu pergi saat orang tuamu tidak dapat menerimam dan lapangakn kerja juga tidak dapat menerimamu ~ John Updike ~
15. Saya telah melihat lebih jauh dari orang lain, karerna saya berdiri di bahu seorang raksasa ~ Albert Einstein ~
16. Orang yang mencoba melakukan sesuatu dan gagala jelas lebih baik daripada merekayang tidak mencoba melakukan apa pun dan kemudian sukseskegagalan itu delalu bersifat sen mentara, gagal hanyalah kesuksesan yang tertunda
~ graham Greene ~
17. Kegagalan itu sementara
Kegagalan itu selalu bersifat sementara, gagal hanyalah sukses yang tertunda
18. Hari ini saya sangat menghargai kegagalan-kegagalan di masa lalu: mengapa? Oleh karena alas an ini :…bahwa saat saya membalik halaman sejarah perjuangan manusia untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk didiami, saya melihat ‘kegagalan’ di masa lau- kegagalan yang memberikan lebi banyak art kepada peradaban manusia daripada semua hal yang disebut sukses yang terctat dalam sejarah dunia ~ Michael Lum Y
19. Sukse biasanya adlah puncak dari pengendalian kegagalan ~ Sylvester Stallone ~
20. Hanya mereka yang berani gagal besar bisa berharap meraih yang besar pula
~ Robert F. Kennedy ~
21. Kegagalan adalah suatu tantangan bagi orang lain ~ Amelia Earheart ~
22. kegagalan adalah tanda suatu kesuksesan yang sedang anada kerjakan saat seseorang akhirnya kalah dalam ko,petisi, itu menunjukkan seberapa jauh ia telah berusaha ia telah berusaha. Kegagalan menjadi titik awal dari usaha selanjutnya, membuktikanbahwa kegagalan itubukanlah akhir! ~ Dave Anderson ~
23. satu-satunya kegagalan yang harus ditakuti manusia adalah kegagalan mempersatukan tujuan yang menurutnya paling baik ~ George Eliot ~
24. kegagalan adalah kesempatan terbesar yang saya miliki untuk mengenali diri saya sebenarnya ~ John Killinger ~
25. kesuksesan tidak pernah berakhir, kegagalan tidak pernah merupakan akhir ~ Robert Schuller ~
26. ia tidak gagal. Ia masih belum mati ~ W.L. George
27. oleh karerna Tuhan begitu mencintai kegagalan sehingga Ia begitu banyak membuatnya ~ Michael Lum. Y
28. pukulan adalah bagian dari menu kehidupan ( Rosalind Russell)
29. oleh karena kawan kita gagal sekali atau dua kali atau selusin kali, Andatidak harus menyebutnya sebagai orang yang gagalsampai ia mati atau kehilangan keberaniannya
~ George Lorrimer ~
30. lepaskan diri Anda, saat sesuatu gagal, itu adalah peristiwanya, bukan Anda
~ Billi Lim ~
31. saya tidak gagal, saya sukses menentukan contoh yang salah ~ Graffiti ~
32. Kita tidak gagal, sebenarnya pekerjaan kitalah yang gagal ~ Billi Lim ~
33. Saat kita memberikan izin pada diri sendiri untuk gagal, kita pada saat yang sam memberikan izin pada diri sendiri untuk berprestasi baik ~ Eloise Ristad ~
34. Ia yang berbaring di bawah takkan dapat jatuh ~ Peribahasa Yuddish ~
35. Kegagalan adalh jalan tol menuju sukses, oleh karena seperti setiap penemuan arti kegagalan akan membawa kita mencari secara juujur apa yang ada sebenarnya ~ John Keats ~
36. Garis antara kegagaln dan sukses begitu jelas sehingga kita hamper tidak tahu kapan melewatinya- begitu jelas ssehingga kita seering kali berada di garis itu dan tidak mengetahuinya ~ Ralph Waldo Emerson ~
37. Kegagalan itu seukses bila kita belajar darinya ~ Malcolm Forbes ~
38. Tidak ada kegagalan , hanya sukses yang tertunda
39. Kegagalan menciptakan niai
Banayak mannnnnnnnnnnfaat yang diperoleh saat membuat beberapa kesalahan dalam tahapan awal kehidupan ~ Thomas Huxley ~
40. Para dewa akan menghancurkan apa yang muanya mereka janjikan ~ John Carew ~
41. Kegagalan adalah suatu asset
Setiap kemalangan, setiap kegagalan, setiap pusing kepala membawa bibit persamaan atau manfaat yang besar ~ Napoleon Bonaparte ~
42. Kegagalan hanya membuat saya mencoba lebih keras dan lebih keras lagi sampai saya sukses. Setiap seseorang member tahu saya bahwa itu tidak akan berhasil, saha jaid semakin bersemangat untuk memmbuatnya berhasil ~ John Killinger (Pendiri Dummies Books)~
43. Kegagalan menciptakan kesempatan
Kegagalan hanyalah kesempatan untunk milai kembali dengan lebigh pintar ~ Henry Ford ~
44. Jika ingin sukses Anda harus menempuh jalur baru bukannya bepergian lewat jalur yang pernah dipakai untuk mencpai sukses sebelumnya ~ JohnRockefeller ~
45. Ada perbedaan besar anatara memainkan permainan untuk menagn dan bermain untuk tidak kalah. Yang pertama adalah cirri seorang juara, yang lain adalah cirri orang yang kalah ~ Billi Lim ~
46. AKADEMI KEGAGALAN
Tidak masalah jika gagal, jika Anda tidak gagal, Anda tidak akan tumbuh ~ H. Stanley Judd ~
47. Haapoi sukses seperti seoran gentleman dan hadapi bencaana seperti seorang laki-laki ~ Lord Birkenhead ~
48. Batu loncatan
Adalah kekalahan yang membuat tulang menjadi batu api, tulang muda menjadi otot dan membuat orang tak terkalahkan. Oleh karenanya, jangn takut kalah. Anada tidak pernah sedekat itu dengan kemenangan seperit saat dikalahkan
~ Henry ward Beecher ~
49. Anaka pingitan orang kaya mungkin akan bersinar selama beberapa waktu di masyarakatnya, namuntidak di dunia yang penuh gejolak kecuali mereka mencabik jaketnya dan mulai bekerja ~ B. C. Forbes ~
50. Gagal dulu, sukses kemudian
Ujian keberanian terbesar di dunia ini adlah menanggung kekalahan tanpa lehilanagan hati ~ Robert Ingersoll ~
Kegagalan adalah batu loncatan kea rah kesuksesan
51. Jaklannya using dan licin. Aku terpeleset dan menabrak orang lain sampai keluar jalan. Namun aku bangkit lagidan berkata npada diri sendiri,”ini Cuma terpeleset, bukan kegagalan.” ~Abraham Lincoln ~
52. Kadang-kadang kegagaln melayani dunia dengan setia sepertis ukses yang berbeda ~ Eward Dowden ~
53. Kemenangan atebesar kita bukan karena tidak pernah jatuh namun karena bangkit setiap kali jatuh ~ Oliver Goldsmith ~
54. Kegagala terjadi saat seseorang melakukan kesalahan namun tidak mampu untuk menggali pengalaman dari sana ~ Elbert Hubbard ~
55. Tidak ada investasi yang lebih baik di masyarakat mana pun dari pada memberikan susu kepada bayo ~ Winston Churchill ~
56. Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik
Umpan balik adalah sarapan para juara ~ Rick PTaste ~
57. Tidak ada kegagalan, hanya hasil
Masalah kita dalah buatan manusia, karenanya mungkin diselesaikan oleh manusia ~ John F. Kennedy ~
Hokum Mortarboards
Masalah = tantangan + penemuan
58. Rintangan vs penemuan
Bukannya karena Anda telah jatuh, itu hanya karena ANda belum menemukan sesuatu yang baru! ~ Alexander Graham Bell ~
59. Salah satu orang yang suka berubah adalah bayi yang masih basah ~ Roy Blitser ~
60. Jangan, jangan, jangan pernah putus asa
Tidak ada kegagalan, kecuali tidak lagi mencoba ~ Elbert Hubbard !
Kemungkinan sukse = jumlah mencoba
61. Setiap usaha yang salah aalh satu langkah maju ~ Thomas A. Edison ~
62. Sukses dapat diraih hanya dengan kesalahan berkali-kali. Kesuksesan saya mewakili 1% kerja yang dihasilkan dari 99% kesalahan ! Soichiro Honda ~
63. Kegagala tidak membuat Anda menjadi orang gagal, melainkan putus asa dan menolak untk mencoba kembali! ~ Richard Exley ~
64. Prang yang tidak pernah gagal tidak pernah mencoba sesuatu yang baru ~ Albert Einstein ~
65. Satu-satunya saat dimana anda gagal adlah saat terakhir Anda mencoba ~ Charle Ketering ~
66. Jika orang-orang gagal sdi dunia ini menyadari betapa para jenius saat ini pernah sangat putus asa, mereka akan bangkit danmencoba lagi ~ Fay Compton ~
67. Satu-satunya kegagalan yang tidak terhormat adalh kegagalanmencoba ~ Malcolm Macneil ~
68. Tuhan membantu orang yang berusaha keras ~ Aeschylus ~
69. KEGAGALAN ADALAH GURU TERBESAR KITA
Saya lebih banyak belajar dari restoran yang gagal daripada restoran yagn sukses ~ Restoran Wolfgang Puck ~
70. Pendidikan dimulai dari kegagalan pertama saya ~ Hardknocks factory Sdn. Bhd
71. Guru membukaakn pintu namun anda harus masuk sendiri ~ Peribahasa Cina ~
72. Tunjukkan pada saya orang yang benar-benar puas, dan saya akan menunjukkan pada Anda orang yang gagal ~Thomas Alfa Edison ~
73. Ia yang tidak pernah mendaki, jarang jatuh ~ John Whittier ~
74. Kesuksesan tidak terlalu menggetarkan kecuali orang tersebut talah mengalami kegagalan terlebih dahulu ~ Wiliam Father ~
75. Kekalahan selalu salah dan membuat Anda menyadari a pa yang sebenarnya Anda inginkan. Ia membuat Anada berhenti mengejar kupu-kupu dan membuat menggali emas ~ William Marston ~
76. TIPUAN SUKSES
Sukses adalah penggoda yang akan mengumpankan Anda pada kepuasan hati dan membuat anda arogan – dua factor yang memastikan kejatuhan Anda berikutnya ~ Billi Lim ~
77. Apakah sukses itu memang baik?
Sukses itu berbahaya. Orang mulai untuk meniru diri sendiri itu lebih bahaya daripada meniru orang lain. Oleh karena akan mengarah pada terjadinya sterilitas ~ Pablo Picasso ~
78. Kegagalannya dalah pengalaman yang tak ternilai dimana mereka tidak hanya membuka jalan untuk kebenaran yang lebih dalam namun memaksanya untuk mengubah pandangan dan metodenya
~ Carl Jung, Modern Man in search his soul ~
79. Rahasia kesuksesan hidup dikenal hanya oleh mereka yang pernah tidak sukses ~ John Collins ~
80. Sukses mengarah pada kejatuhan
Satu-sastunya masalah dengan kesuksesan bahwa ia tidak mengajari Anda bagaimana menangani kegagalan ~ Tommy Lasorda ~
81. Ironisnya, terlalu banyak sukses melahirkan kebanggaan dan rasa arogan yang bisa membawa pada kejatuhan ~ Michael Lum Y ~
82. Tragedy kehidupan bukan karena seseorang kalah namun karena ia hamper menang ~ Heywood Broun ~
83. Harga kesuksesan
Kesuksesan memiliki kecenderungan untuk menyembunyikan dan melemparkan topeng ke atas perjanjian setan dengan manusia ~ Demosthenes ~
84. Berdoalah agar kesuksesan tidak datang lebih cepat sehingga Anda dapat menanganinya ~ Elbert Hubbard ~
85. Tidak ada akhir untuk kesuksesan
Hal terberat dalam kesuksesan adalah bahwa Anda harus menjaga untuk tetap sukses. Bakat hanyalah titik awal dari bisnis. Anda hasus mempertahankan bakat itu. ~ Irving Berlin ~
86. Kita memperoleh kebahagiaan justru karena hancurnya rencana indah kita, kemudian mendapati bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan ~ Amos Alcott ~
87. Kita tidak dapat pernah memastikan kesuksesan
Bukan gunungnya yang kita taklukkan melainkan diri sendiri ~ Sir Edmund Hillary ~
88. Orang gagal meraih keberuntungan terbesar karena hal yang samalah yang menyebabkan mereka bangkit ~ La Bruyette ~
89. Kesuksan awal itu bisa fatal
Kenaikan tiba-tiba kadang kala diikuti oleh kejatuhan yang tiba-tiba pula. Saya paling meyakini individu yang melangkah tahap demi tahap. Jamur bisa bersemi di pagi hari, pohon membutuhkan 50 tahun atau lebih untuk meraih kematangan. Jamur tidak bertahan lama, pohon bertahan ~ B.C. Forbes ~
90. Keuntungan Pemula?
Jika pada mulanya Anda sukses, ia bisa member adalah rasa prioritas yang keliru
~ Frangk Tyger ~
91. Berapa lama sukses bisa bertahan?
92. Kegagalan itu tidaklah terlalu buruk jika tidak menyrang jantung. Sukses itu baik-baik saja, jika ia tidak sampai ke kepala ~ Grantland Rice ~
93. Sukses jarang sekali membawa kesuksesan ~ Baltasar Gracion ~
94. Sukses telah banyak menghancurkan orang ~ Benjamin Franklin ~
95. Jalan menuj kelalaian sering kali melewati kubah kemenangan ~ Don Aminado ~
96. Sukses itu relative. Tergantung dari pa yang bisa kita buat dan kekacauan yang timbul saat kita melakukan sesuatu ~ T.S. Eliot ~
97. Bermanis-manislah pada mereka yang naik karena Anda akan segera menemui mereka turun ~ Jimmy Durante ~
98. Bahkan Yang Kuat Akan Jatuh
Hal paling baik yang darang bersama suksese iala pengetahuan bahwa kesuksesan itu tidak perlu ditunggu ~ Liv Ulman ~
99. Kecuali orang telah diajari a pa yang harus dilakukan dengan sukses setelah mendapatkannya, keberhasilannya itu pasti akn membuatnya dimangsa kemalangan ~ Bertrand Russel ~
100. Kegembiraannya bukan karena tidak pernah gagal. Kegembiraannya ada pada saat kita pulih kembali ~ Billi Lim ~
101. Kembali dari kegagalan
Hidup itu untuk dijalani, bukan dikendalikan dan kemanusiaan itu ada pada saat terus bermain meski menghadapi kekalahan ~ Ralph Ellison ~
Tidak ada jaminan kesuksesan, namun tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan ~ Bill Clinton ~
102. Saat hidup membangun Jeruk
Itu masa lalu. Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk mengubahnya. Saya mencoba membuat sirup dari jeruk dan terus berjalan ~ Monica Lewinsky ~
103. Kegagalan hanya menekan saya maju dengan pemecahan lebih banyak ~ Thomas Alfa Edison ~
104. Ada cara yang lebih baik untuk melakukannya. Temukan ~ Thomas Alfa Edison ~
105. Agar sukses di bisnis, setidaknya Anda membutuhkan satu kegagalan yang hebat ~ walt Disney ~
106. Jangan memikirkannya sebagai kegagalan. Pikirkan sebagai waktu melepaskan sukses ~Robert Orben ~
107. Kegagalan ada id tangan kita
Salah satu alas an Tuhan menciptakan waktu adalah agar ada tempat untuk mengukur kegagalan di masa lalu ~ james Long ~
108. Tak seorang pun sukses besar kecuali bersedia menanggung kegagalan ~ William Feather ~
109. Orang dilahirkan untuk sukses bukan untuk gagal ~ Henry Thoreau ~
110. Saat hidup menurun menjadi sebuah lubang saya harus menyalakan lilin saya sendiri ~ Unknown Author ~

Apa itu kegagalan yang sukses?
Pertama, suatu kegagalan yang sukses berani untuk mengakui “saa gagal.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti bertanggung jawab penuh atas kegagalannya
Suatu kegagalan yang sukses berarti memisahkan dirinya dari tindakan gagal
Suatu kegagalan yang sukses berarti berani menyatakan “saya berani gagal!”
Suatu kegagalan yang sukses berarti telah memaksimalkan sumber daya dan bakatnya sampai batas.
suatu kegagalan yang sukses berarti tidak menyalahkan bintangnya, nasib buruk atau orang lain
Suatu kegagalan yang sukses berarti mengetahui bahwa “saya belajar dari kegagalan”
Suatu kegaglan yang sukses berarti memiliki suatu pemikiran “saya akan mencari tahu”
Suatu kegaglan yang sukses berarti menggumamkan “sayaharus melakukannya, bukan saya seharusnya melakukannya.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti meyakinkan dirinya bahwa “saya akan menghindari kesalahan yang sama.”
Suatu kegagaln yang sukses berarti melihat kegagalan sebagai kesempatan bukan sebagai masalah
Suatu kegagaln yang sukses berarti bisa meramalkan solusi, bukan halangan
Suatu kegagalan yang sukses berarti tidak berhenti, “saya akan mencoba lagi.”
Suatu kegaglan yang sukses meyakini bahwa gagal mencoba berarti mencoba untuk gagal
Suatu kegagalan yang sukses berarti menekankan,”Pasti ada cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu.”
Suaut kegagalan yang sukses berarti menantang “saya akan kembali supaya sukses.”
Suatu kegaglan yang sukses berarti meyakini,”Tidak ada gratis, saya harus bekerja”
Suatu kegagalan ang sukses berarti memiliki kredo “Gagal mempersiapkan berarti siap intuk gagal.”
Suatu kegagalan yang sukses berarti selalu tersenyum. Akan ada pelangi setelah badai petir
Akhirnya, suatu kegagalan yang sukses berarti merayakannya karena kegagaln akan mengarah pada kesuksesan