Kata-kata Inspirasi Menulis

Kata-kata Pemotivasi Menulis

  1. Tidak ada sesuatu yang lebih luar biasa yang pernah dicapai , kecuali oleh mereka yang berani untuk percaya bahwa sesuatu di dalam diri mereka lebih hebat dari keadaan lingkungannya   ~ Bruce Barton ~
  2. Menulis dapat membantu seseorang mengenali diri, mengenali pikiran, perasan, dan apa pun yang bergolak dalam diri   ~ Hernowo ~
  3. Saya suka menulis sewaktu merasa kesal. Itu seperti bersin yang melegakan.

~ D.H. Lawrence ~

  1. Orang yang kembali ke buku harian adalah orang yang mencari dirinya, penyusuran jalan menuju pengembangan dan kesadaran, jalan menuju kreativitas   ~ Anais Nin ~
  2. …bukalah mata lebar-lebar. Perhatikan yang terjadi di sekelilingmu.

~ William Burroughs ~

  1. Saya mencatat berbagai hal dalam lembaran-lembaran kertas dan menyimpannya di saku. Jika sudah cukup banyak, jadilah saya punya sebuah buku. ~ John Lennon~
  2. Menulislah – pada saat awal – dengan hati. Setelah itu, perbaiki tulisan Anda dengan pikiran. Kunci pertama dalam menulis adalah bukan berpikir, melainkan mengungkapkan apa saja yang Anda rasakan. ~ William Forrester ~
  3. Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna

~ Pramoedya Ananta Toer ~

  1. Percayalah pada suara kecil itu yang selalu mengatakan,”Ini akan berhasil dan saya akan mencobanya.“ ~ Diane Mariechild ~
  2. Gagasan seorang penulis adalah hal yang menjadi kepeduliannya.~ John Gardner ~
  3. Buka matamu pada fajar yang merekah untukmu. Lahirkan impianmu – Maya Angelou –
  4. Rasanya, saya cukup berhasil mengingat modal awal hanya setumpuk kertas kosong – Steve Martin –
  5. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan dengan apa yang Anda miliki, dimanapun Anda berada sekarang ~ Teodore Roosevelt ~
  6. Keranjang kertas buangan adalah teman baik penulis. ~ Isaac Baschevis Singer ~
  7. Kegagalan hanyalah sebuah peluang untuk memulainya lagi dengan lebih cerdas ~ Henry Ford ~

 

  1. Menulislah dengan bebas, secepat mungkin, dan tuangkan semuanya ke atas kertas. Jangan melakukan koreksi atau menulis ulang sebelum semuanya habis kamu tuliskan.

~ John Steinbeck ~

 

  1. Segeralah menulis, apa pun itu, karena menulis merupakan satu-satunya cara agar tetap waras. ~ Clara Ng, Novelis ~
  2. Yang penting adalah menemukan pesan yang membebaskan, memerdekakan respon tak sadar seseorang   ~ Anais Nin ~
  3. Kalau soal kata, masalahya adalah siapa yang menjadi tuan, itu saja ~ Humty umpty ~
  4. Kamu benar dari sisimu. Saya benar dari sisi saya. ~Bob Dylan ~
  5. Satu-satunya alat yang dapat membuktikan bahwa sesuatu itu mampu dilakukan adalah: orang lain pernah melakukannya ~ Bertran Russell, Filosof Inggris ~
  6. Saya menulis untuk menjernihkan pikiran, untuk menemukan yang saya pikir dan rasakan. ~V. S. Pritchett ~
  7. The Catcher In The Rye adalah pembuka pintu bagi saya. Membuat saya melihat bahwa masa remaja sangat dramatis untuk ditulis. ~ Robert Cormier ~
  8. Belajar menyukai diri sendiri sebenarnya merupakan norma praktis. Karena kamu harus menghabiskan banyak waktu dengan diri sendiri, kamu juga harus mendapatkan kepuasan dalam hubungan itu. ~ Normant Vincent Peale~
  9. Di mana pun saya menemukan tempat untuk duduk dan menulis, di situlah rumah saya.

~ Mary TallMountain ~

  1. Saya sedang mengoreksi puisi saya pagi itu dan mengahapus sebuah tanda koma. Siangnya, saya mencantumkan tanda koma itu kembali. ~Oscar Wide ~
  2. Keasyikannya terletak pada cara kamu mengatakan sesuatu. ~ Robert Frost ~
  3. Saat kamu mengerjakan sesuatu yang membuatmu bangga. Pujilah dirimu. ~ Mildred Newman ~
  4. Jangan pernah ragu meniru penulis lain karena setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Padaakhirnya, kamu akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang kamu tiru ~ William Zinsser ~
  5. Hidupku pertanyaan-pertanyaannya sekarang. Siapa tahu suatu hari, sedikit demi sedikit, bahkan tanpa memperhatikannya, kamu menemukan jalan menuju jawabannya.

~ Rainer Maria Riike~

  1. Banyak-banyaklah membaca dan turun ke jalan. Seorang penulis yang tidak mengikuti peristiwa yang terjadi di luaran tidak akan bisa tampil pula di sana . ~ Toni Cade Bambara ~
  2. Saya memilih orang-orang dari kehidupan nyata dan menempatkan mereka dalam situasi luar biasa ~ Robert Cormier ~
  3. Salah satu kegembiraaan dalam aktivitas menulis adalah kamu teus-menerus mendapatkan pengalaman baru. ~Philip Pullman~
  4. Seorang penulis perlu meragukan dan mempertanyakan. Saya menulis karena keingintahuan dan kebingungan. Saya telah belajar banyak hal yang tidak mungkin saya pelajari seandainya bukan penulis ~ William Trevor ~
  5. Kehidupan adalah semua kenangan, kecuali satu yang sekarang berlalu demikian cepat sehingga kamu hampir tidak dapat mengejarnya~ Tennessee Williams ~
  6. Saya suka menulis. Saya menyukai putaran dan ayunan kata-kata yang dengan indahnya berkelindan dengan emosi manusia. ~ James A.Michener~
  7. Kalau saya tidak menulis, saya tidak akan dapat memahami apa pun. Saya merasakan kebutuhan untuk memahami dan menemukan keteraturan. Ternyata, menulis fiksi adalah satu-satunya jalan yang saya temukan untuk memulainya. – Alice McDermott –
  8. Segala hal yang dialami penulis pada masa remajanya akan tersirat dalam tulisannya kelak dengan berbagai bentuknya – Lois Lowry –
  9. Saya pikir, hal terbaik menjadi seorang penulis adalah kita dapat mereka-reka segala sesuatu sekaligus mengatakan kebenaran pada saat yang sama ~Kyoko Mori ~
  10. Tulisan saya sangat autobiografis. Kejadian-kejadiannya nyata bagi saya. Mungkin tidak bagi orang lain ~ Jamaica Kincaid ~
  11. Penggambaran harus menyelusup ke dalam cerita bagaikan seekor ular merayap di rerumputan, diam-diam, hampir tak terlihat, dan tanpa menarik perhatian.

~ Marion Dane Bauer ~

  1. Seniman digerakkan oleh semangat dan semangat yang kuat, terutama diperoleh dari pengalaman dan kenangan sendiri – Joyce Carol Oates –
  2. Bagaimana kamu menulis dialog penting dan penuh arti yang memperdalam karakterisasi, melancarkan alur cerita, memperluas tema, dan terasa nyata? Biarkan karakter-karaktermu berbicara. ~ Eve Bunting ~
  3. Kata yang tepat mungkin efektif, tetapi tidak ada kata yang sama efektifnya seperti jeda yang tepat waktu ~ Mark Twain ~
  4. Kadang-kadang, kata-kata yang paling sederhana adalah yang paling indah, dan paling efektif . ~ Robet Cormier ~
  5. Kita harus mengerjakan secara saksama sesuatu yang berada di antara kata. Sesuatu yang tidak dikatakan. Yang teratur, yang berirama, dan sebagainya. Dengan demikian, hal yang tidak kamu tulislah yang justru sering memberi kekuatan pada tulisanmu

~ Toni Morrison ~

  1. Hidup mungkin menyakitkan. Bagaimanapun, ada kegembiraan dan kekuatan dalam menulis, bahkan ketika kamu harus menghadapi hidup yang sulit dari hari ke hari. Kamu mencoba memahami yang kamu jalani itu dengan menggunakan kata-kata, gambaran, serta susunan bahasa yang indah. ~ Sandra McPherson ~
  2. Tak ada tulisan yang bernilai nyata, kecuali ia merupakan ungkapan pemikiran dan perasaan yang sejati. ~ Eleanor Roosevelt~
  3. Menulis kalimat pembuka suatu cerita hamper mirip dengan mulai berski di bagian bukit yang paling terjal. Kamu harus mengendalikan semua keahlianmu sejak awal

~ Marion Dane Bauer ~

 

  1. Saya tidak tahu darimana datangnya gagasan-gagasan itu dan berharap tidak pernah mengetahuinya. Itu akan merusak kegembiraan saya jika tahu bahwa ternyata hanya keriput kecil lucu di permukaan otak yang membayangkan peron kereta api yang tidak dapat dilihat. ~ J.K. Rowling ~
  2. Imajinasi itu lebih penting daripada pengetahuan karena pengetahuan menunjukan yang ada, sedangkan imajinasi akan mneunjukkan ayang aka nada ~ Albert Einstein ~
  3. Lamunan adalah dasar dari segala fiksi   ~Colin Wilson ~
  4. Karena tidak menemukan hal lain untuk ditulis, saya menyediakan diri sendiri sebagai subjek . ~ Montaigne ~
  5. …Sejelas saya melihat anak yang nyata, tokoh saya pun berdiri di hadapan saya dalam mata pikiran saya. Cerita itu dilakonkan, seolah-oah saya mempunyai layar bioskop sendiri di sana ~ Enild Blyton ~
  6. Kalau saya bercerita, saya suka menempatkan adegan yang sedang saya tulis di depan saya. Hal itu membuat saya lebih akrab dengan apa yang terjadi dan membantu saya masuk ke dalam tokohh-tokohnya   ~ Umbero Eco ~
  7. Begitu pikiran bekerja, tangan bergerak ~ Fay Weldon ~
  8. Saya ternyata bisa mengarang dengan program pengolah kata di komputer, dan hal itu sangat mengherankan saya   ~ Janette Turner Hospital ~
  9. Hal-hal yang kita sebut mustahil biasanya adalah hal-hal yang belum kita coba

~ Jim Goodwin ~

  1. Berlatih tidak menghasilkan kesempurnaan. Latihan yang sempurnalah yang akan menghasilkan kesempurnaan ~ VnceLobardi
  2. Apa yang akan Anda coba, jika sudah tahu bahwa anda tidak akan gagal?

~ Dr. Robert Schuler ~

  1. Sstu-satunya hal yang dapat menghalangi terciptanya masa depan kita adalah keraguan kita akan hari ini. Oleh karena itu, majulah terus dengan keyakinan kuat dan penuh

~F. D Roosevelt ~

  1. Ruang menulis saya selalu penuh dengan skema garis besar dan bagan cerita (storyboard) bab terbaru. ~ Janet E.Grant ~
  2. Jika ceritanya berhasil, berarti karakternya berhasil. Dan tentu saja, itu bagian penting. Ceritamu tidak akan berhasil, kecuali karakternya nyata dan membawa segala sesuatunya menuju sebuah klimaks. ~Robert Cormier~
  3. Baca karyamu keras-keras! Ini merupakan saran terbaik yang dapat saya berikan. Ketika membacanya keras-keras, kamu dapat menemukan berapa banyak yang dapat dipotong dan berapa banyak yang tidak penting. Kamu mendengar ceritamu mengalir dan tak ada yang bisa mengajarimu tentang dialog tertulis, kecuali saat kamu mendengarkannya.

~ Judy Blume ~

  1. Saya mulai mengumpulkan catatan penolakan sejak berusia 12 tahun. ~ Stephen King ~
  2. Melihat mundur sejenak bermanfaat untuk menyegarkan mata, memulihkan,dan menggambarkan peristiwa secara lebih tepat demi mengetahui fungsi utamanya saat kita melihat ke depan. ~ Margareth Fairless Barber ~
  3. Saya tidak dapat mengingat masa ketika saya tidak mencoba menuangkan sesuatu di atas kertas. Saya benar-benar tidak dapat mengingat masa ketika saya belum menjadi penulis. Percaya atau tidak, membaca dan menulis selalu menjadi pelarian saya. Keduanya merupakan pelarian terhebat dalam hidup saya dan saya harapkan selalu demikian

~ Robert Cormier ~

  1. Membaca, bertukar pikiran dengan teman, bepergian, atau berbicara dengan banyak orang dari berbagai latar belakang telah memperkaya tulisan-tulisan saya

~ Linda Christanty: Peraih Penghargaan Anugerah Satra Khatulistiwa untuk kategori prosa dengan karya berjudul “Rahasia Selma” ~

  1. Penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat ~ Anonim ~
  2. Keberanian adalah hal penting yang pertama ~ Katherine Anne Porter ~
  3. Sebuah karya akan memicu inspirasi. Teruslah berkarya. Jika kamu berhasil, teruslah berkarya. Jika kamu gagal, teruslah berkarya. Jika kamu tertarik, teruslah berkarya. Jika kamu bosan, teruslah berkarya. ~ Michael Crichton ~

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

